free counter PKS Kota Surabaya Kembali Selenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning - PKS Surabaya

PKS Kota Surabaya Kembali Selenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali menyelenggarakan program nasional Lomba Baca Kitab Kuning. Di tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga PKS mengadakan Lomba Baca Kitab Kuning. Program ini bertujuan untuk mempertahankan budaya Islam di Indonesia, khususnya melestarikan budaya membaca kitab kuning. Selain itu, lomba ini juga bertujuan mendorong semangat generasi muda untuk mengkaji nilai-nilai Islam dari sumber aslinya yang ditulis oleh para salafus sholeh.

Lomba Baca Kitab Kuning ini terbagi atas tiga tahapan, yaitu Tingkat Daerah, Tingkat Provinsi, dan Tingkat Nasional. Pada tingkat daerah kota Surabaya, Lomba Baca Kitab Kuning diselenggarakan oleh DPD PKS Kota Surabaya bekerjasama dengan Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya. Lomba tersebut berlangsung pada hari Ahad, 09 September 2018 di Kantor DPD PKS Kota Surabaya, jalan Tales V No 3 Jagir, Wonokromo.

Lomba Baca Kitab Kuning diawali dengan sambutan dari Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya, Ibnu Shobir, S.Pd. beliau menerangkan bahwa perwakilan Jawa Timur sering menjadi langganan juara Lomba Baca Kitab Kuning yang diselenggarakan oleh PKS.

Salah satu peserta sedang menejemahkan Kitab Fathul Mu’in di acara Lomba Baca Kitab Kuning Ke-3 DPD PKS Kota Surabaya

“Pada tahun pertama, (perwakilan) dari Jawa Timur itu menjadi juara kedua dan mendapatkan hadiah 20 juta rupiah dari pusat.”, tutur pria yang akrab disapa Pak Shobir tersebut.

“Kemudian pada periode kedua, alhamdulillah (perwakilan) Jawa Timur menjuarai juara satu, kemudian hadianya adalah umroh.”, lanjut beliau.

Beliau juga menjelaskan bahwa Lomba Baca Kitab Kuning ini digagas oleh Fraksi PKS DPR RI dimana dalam pelaksanaannya melibatkan Bidang Pembangunan Keumatan (BPU) baik di pusat, provinsi, maupun daerah.

Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Kota Surabaya ini selanjutnya dibuka oleh Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Akhmad Suyanto, S.T., M.T. Sebelumnya beliau memberikan pesan dan harapan bahwasanya pelaksanaan Lomba Baca Kitab Kuning ini merupakan bentuk syiar PKS untuk meningkatkan budaya mencari ilmu dan berlomba dalam kebaikan.

“Orang yang berlomba dalam kebaikan otomatis akan berlomba meningkatkan derajat di hadapan Allah SWT”, tutur pria yang juga memiliki latar belakang pesantren ini.

Kita berharap dengan Lomba Baca Kitab Kuning yang ketiga kalinya kita laksanakan ini, kita tetap eksis di perlombaan, di semangat kompetisi, di semangat syiar yang menuju ketinggian di (hadapan) Allah SWT”, lanjut beliau sembari menutup sambutannya.

Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Kota Surabaya ini diikuti oleh santriwan dan santriwati pesantren yang ada di wilayah Surabaya dan sekitarnya dengan syarat usia 17 – 25 tahun dan pendidikan minimal Aliyah atau sederajat. Kitab yang dilombakan adalah Kitab Fathul Mu’in karya Syeikh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin Al-Malibary.

Para pemenang di tingkat daerah ini nantinya akan mewakili kota Surabaya untuk berjuang kembali di Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi Jawa Timur. Para pemenang di tingkat provinsi selanjutnya akan berkompetisi memperebutkan juara pertama di Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional dengan hadiah utama berupa paket umroh.

Sekedar informasi, kitab kuning merupakan kitab turats warisan para ulama generasi pendahulu umat Islam. Kitab ini berisi lautan ilmu dari para ulama dimana ada yang membahas tentang tafsir, fiqih, tauhid, hadist, sirah nabawiyyah, dan ilmu-ilmu perangkat Islam lainnya. Oleh karena itu, kaum muslim sangat perlu mengkaji kitab kuning ini, tentunya dengan bimbingan para guru yang ahli seputar kitab kuning. Hal tersebut dalam rangka menambah ilmu syariat islam, sehingga iman dan amal shalih dapat menjadi lebih meningkat.

Silahkan Tulis Komentar Anda...

Leave a reply