Dewan Pengurus Daerah
PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
Kota Surabaya

Oleh: Novita Ratna A

(Kadiv Ketahanan Keluarga BPKK DPD PKS Surabaya)

Senin (11/12/2023) lalu, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Surabaya menerima kunjungan tamu luar negeri dari Dewan Muslimat Partai Islam se Malaysia (PAS) sebanyak 20 orang  di ruang Banggar Gedung Dewan, Kantor DPRD Kota Surabaya, Jl. Yos Sudarso No.18 - 22, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng Surabaya.

Kunjungan tamu ini disambut baik oleh Super Tim BPKK DPD PKS sejumlah 5 pengurus yang hadir serta dibersamai juga oleh pimpinan Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya yaitu Reni Astuti dan Aning Rahmawati yang menjabat sebagai wakil ketua komisi C DPRD Surabaya. Nampak pula hadir menyusul beberapa saat kemudian Arif Fahrudin selaku Bendahara DPD PKS Kota Surabaya.

Menyambut dari pintu masuk utama Gedung Dewan, pengurus BPKK berjajar bersiap menyapa kedatangan rombongan Dewan Muslimat PAS Malaysia. Enny Minarsih selaku Ketua BPKK DPD PKS memberikan salam hangat satu per satu dengan menyalami serta mencium pipi kanan dan kiri ibu-ibu Dewan Muslimat PAS.

Memasuki ruang Banggar sajian menu yang istimewa sudah siap di meja prasmanan. Ada beragam olahan khas makanan Surabaya diantaranya Semanggi Surabaya, Tahu Campur, Gule Kambing, ikan Salmon, Rawon serta Sate. Tak hanya makanan ada pula minuman pelepas dahaga yaitu es degan khas Surabaya dan minuman sinom produk UMKM yang sudah ber-NIB dan bersertifikat halal.

Rombongan terdiri dari 20 orang ibu-ibu dan tiga orang pendamping perjalanan, langsung diajak untuk menyantap hidangan yang sudah tersaji. Usai memilih menu beberapa ibu-ibu langsung menempati kursi tamu yang disediakan, dan merespon sajian makanan yang sudah dicicipi sebagian.

“Semanggi Surabaya mantap, sate pun enak,” ujar Puan Asma dari PAS unsur pemuda.

Selesai dari sesi pra acara ramah tamah dengan mencicipi menu prasmanan khas Surabaya, acara dilanjutkan dengan pembukaan, sambutan-sambutan serta sharing seputar pemerintahan Surabaya dan diskusi politik dari unsur perempuan.

Mengawali pembukaan dengan membaca ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Lina Rizkiyanti selaku sekretaris BPKK DPD PKS Kota Surabaya. 

Dilanjutkan dengan sambutan yang pertama oleh Reni Astuti selaku pimpinan Dewan DPRD Kota Surabaya menyampaikan terkait pemerintahan terkhusus kota Surabaya.

Sedangkan Aning Rahmawati menyampaikan kolaborasi dua Srikandi PKS  (Reni Astuti dan Aning Rahmawati) di parlemen DPRD Kota Surbaya dalam program Surabaya Zero Waste. Mengawali dari 40 kampung yang terus berupaya untuk nol sampah dengan mengoptimalkan alokasi anggaran yang sudah disepakati.

Sambutan berikutnya dari Ketua BPKK DPD PKS Kota Surabaya, “Lucu dan unik sih, saya itu kaget ketika menyambut ibu-ibu pertama kali cium pipi kanan dan kiri,  ditambahi lagi, oh tiga kali ternyata, dan yang berikutnya sudah lancar, Alhamdulillah luar biasa BPKK mendapatkan kunjungan kehormatan dari bapak ibu sekalian, dan juga maturnuwun sanget untuk ibu Reni Astuti dan ibu Aning sengaja kami hadirkan untuk lebih membuat kak Da selaku ketua rombongan agar mendapat lebih banyak hal, karena teman-teman berdua perempuan  srikandi PKS akan lebih banyak memberikan pengalaman di partai, sementara kalau dari BPKK kan ini memang kegiatan partai,” ujar Enny Minarsih yang juga sebagai Caleg nomer urut 1 dari Dapil 1 PKS Kota Surabaya.

Enny Minarsih juga menjelaskan bahwa ada program Rumah Keluarga Indonesia yang menjadi produk unggulan BPKK PKS Surabaya. 

“RKI ini mempunyai empat menu unggulan antara lain Pembinaan Keluarga Sejahtera yang disingkat PKS, RKI Peduli salah satunya adalah Jum’at berkah, kemudian ada Konsultan Keluarga, dan terakhir adalah menu Pos Ekonomi Keluarga yaitu bagaimana memberdayakan masyarakat misalnya dengan UMKM, dll,” lanjut Enny Minarsih.

Selain sambutan-sambutan, Arif Fahrudin yang menjadi moderator acara kunjungan Tamu Malaysia melayangkan beberapa pantun kepada para hadirin dan menambah gayeng acara. Diskusi dan saling berbagi pengalaman menjadi semakin menarik di menit-menit berikutnya. 

Salah satu pertanyaan yang disampaikan oleh Puan Azizah dari Tamu Malaysia adalah tentang pemaparan dari Aning Rahmawati yaitu buletin Semanggi Surabaya karya dari Fraksi PKS.

“Apa saja isi dari buletin Semanggi Surabaya? dan kalau diizinkan kami bolehkah bawa pulang sebagai oleh-oleh?” tanya Azizah perempuan berkacamata dari Tamu PAS Malaysia.

Dengan antusias Aning Rahmawati menjawab pertanyaan tersebut, bahwa buletin Semanggi adalah karya fraksi PKS yang sengaja dibuat baik secara e-buletin dan cetak agar masyarakat tahu kinerja dari anggota dewan fraksi PKS.

“....di seluruh dinaskan sehingga kita menjadi satu kekuatan yang sangat luar biasa di kota Surabaya, nah itulah yang kita buat sebagai salah satu produk media untuk menyambung rasa apa yang sudah kita kerjakan, masyarakat tahu, masyarakat mendukung kami, kemudian masyarakat juga menyampaikan aspirasinya lewat kami. Kita juga ada hari aspirasi, jadi setiap Senin ada yang datang ke sini masyarakat menyampaikan aspirasi, datang  dan  kami menerima dengan segala apa yang disampaikan untuk kita solusikan melalui semua komisi,” papar Aning Rahmawati yang juga menjabat sebagai anggota badan anggaran (Banggar) DPRD Surabaya.

Acara kunjungan Tamu dari Dewan Muslimat Partai Islam se Malaysia (PAS) diakhiri dengan saling memberikan hadiah cinderamata sebagai penguat silaturahim antara PAS dan BPKK DPD PKS serta Fraksi PKS Surabaya. Secara simbolis bergantian Reni Astuti, Aning Rahmawati serta Enny Minarsih menyerahkan cinderamata cantik untuk ketua rombongan Puan Zuraida binti Md Noor.***

Oleh:

H.M.I. el Hakim, S.H., M.H.

Nakama & Ketua Departemen Pengembangan Potensi Minat dan Bakat

Bidang Kepemudaan DPP PKS

Tak disangkal lagi bahwa anak muda adalah masa depan Indonesia. Hal ini sangat kentara secara angka-angka. Kontestasi Pemilu 2024 didominasi oleh Generasi Milenial, Gen Z, Gen Alpha sebagai pemilih pemula. Segenap komponen politik menyajikan anak muda sebagai perwajahan di ragam palagan mulai dari juru bicara, calon anggota dewan, hingga ketua umum partai jalur "eksekutif". Bahkan karpet merah putusan Mahkamah Konstitusi bagi pemuda untuk jadi Capres/Cawapres. Poin pentingnya, anak muda benar-benar memegang pertaruhan penting bagi seluruh stakeholders termasuk Partai Politik sebagai instrumen konstitusional demokrasi di Indonesia.

Mengingat peran strategis sekaligus taktis dari anak muda yang bisa mengubah peta politik kenegaraan jelang Pemilu 2024, ada fenomena yang tidak boleh luput dari pantauan setiap partai politik yakni eksistensi pop-culture yang mewarnai karakter generasi muda. Tontonan anak 90-an dengan kartun (anime) maupun pahlawan (tokusatsu) dari Jepang, termasuk superhero dari Amerika tetap tersaji menjadi tren yang dinikmati oleh generasi setelahnya. Industri kreatif pun melihat nostalgia ini juga menjadi sasaran empuk terhadap generasi muda yang tentu akan mengajak serta keluarga kecilnya seperti remake film Petualangan Sherina dan semacamnya.

Salah satu yang masih tetap setia untuk dinikmati oleh generasi muda lintas zaman adalah One Piece. Baik anime maupun manga, termasuk live-action yang pada 2023 ini memuncaki tren pop-culture. Secara singkat, One Piece ini mengisahkan pemeran utamanya Luffy, seorang pemuda yang punya mimpi besar bersama sahabatnya dalam satu kapal mengarungi dunia melawan "kezaliman" mewujudkan keadilan. Karya dari mangaka Jepang sejak 1997 ini sudah mencapai lebih dari 1.000 chapter baik manga maupun anime yang tetap memiliki fans setia yang kerap disebut nakamaNakama inilah yang menjadi identitas pemersatu bagi fans One Piece, baik yang baru kenal dari live action maupun yang mengikuti sejak 90-an. Secara sederhana, Nakama yang secara bahasa berarti "teman" bisa bermakna "saudara" atau "dulur dewe" kata orang jawa.

Keberhasilan storytelling dari One Piece sebagai karya fiksi, tidak bijak hanya dipandang sekedar Bajak Laut yang melawan Pemerintahan Dunia yang seakan-akan pasti memposisikan Luffy sebagai orang jahat. Oda sebagai penulis komik ini justru secara apik menyajikan bahwa Bajak Laut hanya sebagai instrumen Luffy untuk mencapai tujuan besarnya sebagai Raja Bajak Laut yang ternyata memiliki makna berbeda dari bajak laut pada umumnya yang penuh kejahatan. Hal ini bisa dibuktikan ketika Luffy melawan Kaidou, salah satu penguasa lautan yang tak terkalahkan. Bahwa kapten muda ini ingin agar semua teman-temannya bisa memakan makanan yang mereka suka tanpa rasa takut atau kelaparan. Salah satu tujuan inilah yang mendorongnya untuk terus maju mewujudkan mimpi besarnya untuk mendapatkan One Piece bersama nakama-nya. 

Alur cerita One Piece juga menunjukkan banyak intrik politik dan realita kekejaman dunia yang digambarkan seperti perbudakan, penjajahan, kezaliman hingga pengkhianatan, yang semuanya bertentangan dan dilawan oleh Luffy dan kru-nya, Bajak Laut Topi Jerami. Luffy pun dengan rekam jejak dan kemampuannya dianggap sebagai "ratu adil" bagi kalangan yang menghendaki kebebasan dari penindasan.

Berdasar dari hal tersebut, Penulis berpandangan bahwa Partai Keadilan Sejahtera adalah partainya Nakama dan tentu saja parpolnya anak muda. Setidaknya ada tiga alasan yang melandasi hal ini yaitu:

PKS dilahirkan dan dirawat oleh Anak Muda yang Solid dalam Persatuan dan Persaudaraan

Partai yang lahir pasca reformasi ini tentu saja secara faktual merupakan institusi yang lahir dari generasi muda Indonesia. Aktivis 98 termasuk aktivisme kampus dan kampung membidani kelahiran PKS dengan mengorbitkan anggota dewan berusia muda di pelbagai tingkat. Hal ini yang lebih dari dua dekade juga masih menjadi komitmen PKS menjadi partainya anak muda yang berprestasi seperti dr. Gamal sebagai nahkoda di Bidang Kepemudaan DPP maupun pemuda-pemuda lain sebagai pengurus dan Juru Bicara.

Hal ini identik dengan perjuangan Luffy dalam One Piece dengan nakama atau sahabatnya yang sebagai anak-anak muda yang mendobrak kekuatan status quo. Soliditas nakama Luffy juga ditunjukkan dengan menjaga marwah sang kapten ketika salah satu krunya, Usopp melakukan desersi. Wakil kapten, Zoro, mengajarkan bahkan menegaskan pentingnya soliditas, persatuan dan persaudaraan dalam satu kapal, walau Luffy dianggap lugu namun wajib dihormati sebagai pimpinan. Hal inilah yang kemudian semakin menguatkan soliditas Luffy dan nakama-nya bahkan semakin hari semakin banyak yang mendukung perjuangan mereka. PKS dan Luffy tetap bertahan bahkan berkembang melalui soliditas, persatuan serta persaudaraan dari kru-nya khususnya generasi muda.

PKS Konsisten dengan Tujuan dan Nilai Mulia Termasuk dalam Sikap Kebijakan

Anggaran Dasar PKS menunjukkan tujuan pendirian serta nilai-nilai luhur yang merupakan turunan dari amanat konstitusi dalam mewujudkan cita berbangsa bernegara. Hal ini yang secara konsisten juga dibuktikan dengan posisi PKS baik ketika bergabung menjadi partai pemerintah maupun oposisi dalam rangka mengawal kepentingan konstitusi khususnya berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut sesuai dengan konsistensi Luffy dan nakama-nya dalam menjaga tujuan besar mereka, baik sebagai tim maupun pribadi masing-masing. Sebagaimana diketahui bahwa Luffy sebagai kapten kapal memiliki mimpi jadi raja bajak laut, sementara wakilnya Zoro berambisi jadi ahli pedang terhebat. Selanjutnya navigator, Nami bermimpi menggambar peta dunia sedangkan Usopp sang penembak jitu bermimpi menjadi ksatria pemberani di lautan. Kemudian ada Sanji si koki punya mimpi menemukan all blue yakni tempat semua ikan lengkap berkumpul dan Tony Tony Chopper yang bermimpi jadi dokter yang bisa mengobati semua penyakit.

Kru berikutnya, Nico Robin sang arkeolog bermimpi menguak sejarah dunia termasuk masa kegelapan, dan Franky berambisi membuat kapal terkuat di lautan. Ada Brook si musisi yang bermimpi untuk reuni dengan sahabat lamanya Laboon di lautan seberang dan termutakhir Jinbei ksatria laut manusia ikan yang bermimpi menjaga negaranya. Sepuluh kru utama kapal topi jerami memiliki mimpi berbeda. Semuanya konkret terbukti dengan soliditas mereka dalam satu kapal yang tujuan labuhan terakhirnya di laugh tale yang konon tempat one piece eksis. 

PKS dan Luffy serta nakama-nya punya kesamaan dalam memperjuangkan tujuan serta mimpi besar dalam mewujudkan kebermanfaatan serta kesejahteraan, tidak hanya untuk anggotanya namun juga masyarakat.

PKS Komitmen Mengusung Perubahan dalam Membangun Negara

Alasan ketiga PKS adalah partainya nakama adalah semangat perubahan yang menjadi agenda perjuangan partai. Program dan gagasan yang ditawarkan maupun sudah terimplementasi secara riil di masyarakat oleh PKS, baik sebagai struktur partai, anggota legislatif termasuk kepala daerah senantiasa menyajikan perubahan berupa peningkatan dalam menjalankan amanahnya. Serap aspirasi hingga advokasi program bahkan sikap oposisi tegas dalam legislatif menjadi bukti PKS setia mengawal perubahan melawan status quo yang merugikan kepentingan rakyat. Pun kader PKS yang diamanahi menjadi kepala daerah baik Gubernur, Walikota maupun Bupati termasuk wakil-wakilnya, juga secara nyata menghadirkan perubahan riil berupa program yang mendukung akselerasi pembangunan manusia di wilayahnya.

Hal tersebut tentu saja sesuai dengan kisah juang Luffy dan nakama-nya yang kehadiran mereka melahirkan perubahan menuju pembebasan dan perbaikan. Mulai dari pembebasan dari kezaliman oknum navy, penindasan bajak laut Arlong, penjajahan Enel si Tuhan palsu, hingga terkini penjajahan Kaido di negeri Wano menunjukkan sikap Luffy atas kezaliman. Satu demi satu negeri terjajah berhasil merdeka oleh Luffy dan nakama-nya maupun dukungan masyarakat lokalnya. Kedekatan Luffy terbangun tidak hanya dengan kata-kata (talking jutsu) namun ia dan nakama-nya juga berdarah-darah jatuh bangun bersama masyarakat tertindas. Atas hal inilah PKS dan Luffy beserta nakama-nya memiliki kesamaan dalam menghadirkan perubahan melawan kezaliman menuju kesejahteraan.

Ketiga alasan tersebut tentu saja sangat singkat serta sederhana yang sangat bisa dijabarkan lebih lanjut bahwa PKS partainya nakama alias sekumpulan persaudaraan yang berjuang bersama untuk tujuan mulia. Pun PKS sebagai partai anak muda yang mengakomodasi baik orang-orang terbaik berprestasi di bidangnya dalam struktur maupun kontestasi pemilu sebagai caleg identik dengan nakama yang tetap merawat mimpi mulia serta potensi masing-masing kru dalam satu kapal dengan persaudaraan yang solid. Persaudaraan nakama solid ala PKS dan Luffy cs ini sebagaimana juga diingatkan dalam hadits riwayat Bukhari yang berbunyi,

"Kemungkaran adalah bagaikan suatu kaum yang berundi dalam sebuah perahu. Nantinya, ada sebagian berada di bagian atas dan sebagiannya lagi di bagian bawah perahu tersebut. Yang berada di bagian bawah ketika ingin mengambil air, tentu dia harus melewati orang-orang di atasnya. Mereka berkata, "Andai kata kita membuat lubang saja sehingga tidak mengganggu orang yang berada di atas kita."Seandainya yang berada di bagian atas membiarkan orang-orang bawah menuruti kehendaknya, niscaya semuanya akan binasa. Namun, jika orang bagian atas melarang orang bagian bawah berbuat demikian, niscaya mereka selamat dan selamat pula semua penumpang kapal itu."

Perjuangan pembebasan atas ketidakadilan serta kesenjangan menjadi dua semangat yang sama dan eksis dalam PKS maupun Luffy serta nakama-nya, sehingga sudah waktunya dengan lantang generasi muda Indonesia percaya bahwa, "Nakama sejati dukung PKS di Pemilu nanti!".

*disadur dari https://blog.pks.id/2023/10/pks-partainya-nakama-dan-anak-muda.html

Surabaya, pkssurabaya.or.id - Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan mengucapkan selamat hari lahir organisasi masyarakat nahdlatul ulama (NU) yang genap berusia satu abad. Johari melihat NU tumbuh menjadi organisasi yang terbesar dan miliki digdaya mampu menentukan masa depan umat.

“Keluarga besar PKS Kota Surabaya mengucapkan selamat hari lahir 100 tahun Nahdlatul Ulama. NU merupakan organisasi yang terbesar,” ucap Bang Jo, sapaan akrab Johari, Sabtu (04/02/2023).

Bang Jo melihat sebagai organisasi terbesar, saat ini juga dekat dengan pemerintah sehingga dari sisi politik, NU bisa menentukan arah masa depan bangsa.

“Dengan jumlah anggota terbanyak, NU menjadi organisasi terbesar di Indonesia. Selain itu NU juga saat ini dekat dengan pemerintah sehingga dari sisi politik NU memiliki peran untuk menentukan arah masa depan bangsa,” tambah bang Jo.

Terakhir Johari berharap NU turut berperan dalam meningkatkan ekonomi umat khusus nya paska pandemi saat ini.

“Dengan kekuatan dan jaringan yang dimiliki NU hingga di akar rumput NU sebagai basis masa. NU bisa mengembangkan ekonomi keumatan khususnya paska pandemi saat ini,” tutup bang Jo.

Nahdlatul Ulama tahun ini memperingati hari lahir ke 100. Acara resepsi peringatan harlah akan dilaksanakan di GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada 7 Februari 2023.

Reporter: Petisi.co
Editor: Humas PKS Surabaya

Menjelang Pilkada 2024, PKS Kota Surabaya akan melakukan tahapan penjaringan bakal calon wali kota (Bacawali) dan bakal calon wakil wali kota (Bacawawali)

Hal ini disampaikan Ketua DPD PKS Kota Surabaya Johari Mustawan kepada wartawan dalam agenda Media Gathering, Kamis (4/4/2024).

Menurut dia, saat ini DPD PKS Kota Surabaya mendapatkan amanah dari DPP maupun DPW Provinsi Jatim untuk melakukan proses penjaringan Bacawali dan Bacawawali, baik dari kalangan internal kader sendiri ataupun tokoh masyarakat yang ingin menjadikan PKS sebagai kendaraan politik untuk berkontestasi di Pilkada 2024.

“Kita membuka pintu selebar-lebarnya untuk siapapun yang maju di Pilkada 2024 lewat PKS. Yang siap maju akan kita dukung, dan semua peluangnya masih terbuka,” ujar dia.

Bang Jo, panggilan Johari Mustawan
menegaskan, yang penting calon tersebut mempunyai tujuan yang sama dengan PKS, yakni bagaimana meningkatkan kesejahteraan UMKM, menghilangkan angka pengangguran, dan masyarakat mudah mengakses pendidikan dan kesehatan.Ini adalah bagian terpenting untuk menuju Surabaya lebih baik lagi pada periode 2024-2029, bahkan menuju Indonesia mandiri pada 2045.

“Surabaya akan memegang peranan penting. Karena apa? Karena Surabaya adalah barometer nasional. Untuk itu, kami sampaikan terima kasih semoga Allah SWT memberkahi kota Surabaya sebagai kota yang tersejahtera,” beber Bang Jo.

Ditanya kandidat di luar PKS, Bang Jo mengatakan ada beberapa yang masuk dalam radar PKS, termasuk yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Bang Jo menilai, Eri Cahyadi merupakan sosok pemimpin yang bisa merangkul semua komponen masyarakat yang ada di Surabaya, termasuk partai politik. Karena diakui Bang Jo, tidak gampang merangkul semua parpol yang beragam latar belakang, tujuan dan sebagainya. Tapi perbedaan itu bisa dijadikan satu oleh Wali Kota Eri Cahyadi untuk bagaimana menuju Surabaya lebih baik dan sejahtera.

Diakui Bang Jo, banyak perubahan dan prestasi yang didapatkan Eri Cahyadi, seperti menurunnya pengangguran dan kemiskinan di Kota Surabaya.

Lantas, kalau PKS mengusung petahana (Eri Cahyadi), prosentasinya berapa? Bang Jo menyampaikan belum ke arah sana karena masih dalam tahap penjaringan. Harapan dia, bulan Mei sudah muncul nama calon dari kader PKS atau calon di luar PKS.

“Kalau penjaringan tidak kita batasi pesertanya. Tapi kalau sudah masih tahap penyaringan mungkin ada 5-6 orang untuk kita tawarkan ke parpol lain,” beber dia.

Terkait parameter khusus penjaringan? Bang Jo mengatakan, tentunya adalah  yang sudah memahami birokrasi di pemerintahan.
Karena itu, lebih mempermudah dalam mengemban amanah dari masyarakat. Baik itu di tingkat kota, provinsi, maupun pusat. ”Ya, setidaknya sudah memahami birokrasi di republik ini, ” tegas dia.

Ditanya soal nama tokoh perempuan PKS, Reni Astuti yang masuk bursa bakal calon wali kota, Bang Jo mengaku bangga punya kader seperti sosok Reni Astuti yang selama tiga periode telah berkontribusi mengabdi pada kota Surabaya dengan menjadi anggota DPRD Kota Surabaya, dan pada lima tahun terakhir menjadi wakil ketua DPRD Kota Surabaya. Tentunya ini sebuah kontribusi besar kepada Kota Pahlawan.

Untuk itu, lanjut Bang Jo, pihaknya sangat mendukung jika Reni Astuti siap running Pilkada 2024 menjadi L-1 atau bakal calon wali kota.

“Tapi karena saat ini Bu Reni Astuti baru naik level, terpilih menjadi anggota DPR RI yang akan dilantik pada Oktober mendatang, mungkin ia akan tetap fokus kepada anggota dewan,” tegas Bang Jo.

Selain Reni Astuti, siapa kader PKS yang layak berkompetisi di Pilkada 2024? Bang Jo melihat sebenarnya cukup banyak kader PKS yang siap dan layak maju. Tapi, pihaknya juga harus berhitung secara politik.

“Ada Pak Cahyo (Sekretaris DPD PKS Surabaya/Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya), Aning Rachmawati (Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya), Achmad Suyanto (Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya) yang layak maju, termasuk juga Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan layak dipertimbangkan untuk menjadi bakal calon wali kota atau mungkin mendampingi Eri Cahyadi, ” tutur dia.

*disadur dari wartagres.com

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surabaya, gelar aksi Flasmob di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu pagi (14/01/2024).

Anggota DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PKS bersama Ratusan kader PKS se Surabaya menggemakan program jitu untuk rakyat dan warga Surabaya.

Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan, menyampaikan bahwa sejalan dengan kampanye nasional PKS, DPD PKS Surabaya menggelar aksi di depan KBS dengan mengusung program unggulan PKS, yaitu pangan murah, kerja gampang, dan sehat mudah.

Baca Juga: Gelar Maulid Nabi, PKS dan PKB Kokohkan Harmoni Koalisi di Surabaya

“ Seluruh anggota dan simpatisan PKS Surabaya menyapa langsung masyarakat, serta mengenalkan Anies sebagai Capres yang diusung oleh PKS,” ujar Johari Mustawan kepada wartawan di sela kegiatan Flasmob PKS Surabaya di depan KBS, Minggu (14/01/2024).

Bang Jo sapaan Jauhari Mustawan menjelaskan, PKS Surabaya mulai dari akar rumput hingga seluruh caleg siap all out memenangkan Anies sebagai Capres yang mengusung perubahan.

Yaitu, jelas Bang Jo, perubahan yang membawa kehidupan yang lebih mudah, mulai dari kebutuhan pokok yang terjangkau, mendapatkan pekerjaan yang layak dan gampang didapat, pendidikan yang terjangkau untuk semua, hingga akses kesehatan yang mudah.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi, PKS Kota Surabaya Kukuhkan Relawan Perempuan PKS Penggerak Perubahan

“ Program perubahan Capres Anies senada dengan program gagasan yang diusung PKS yaitu, pangan murah, kerja gampang, dan sehat Mudah,” tegas Bang Jo.

Lebih lanjut Bang Jo menerangkan, pangan murah dengan menghadirkan lumbung pangan di tingkat kelurahan.
Kerja Gampang dengan menciptakan 8 juta lapangan kerja, lewat program industri padat karya dan pemberdayaan umkm, sehat mudah berobat cukup dengan menggunakan KTP.

PKS Surabaya, kata Bang Jo, terus berupaya mendorong Pemkot Surabaya untuk bisa menghadirkan kehidupan yang lebih mudah bagi warga, melalui penganggaran di APBD, hadirkan program yang padat karya, sehingga bisa menyerap banyak tenaga kerja.

“ Untuk itu kami memohon doa dan dukungan dari warga surabaya agar PKS bisa menang meraih 10 kursi di DPRD Kota Surabaya, insya allah program gagasan PKS bisa dihadirkan di kota Pahlawan tercinta ini,” ungkap Bang Jo.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya dari PKS, Aning Rahmawati yang ikut kegiatan Flasmob di depan KBS menambahkan, PKS ingin adanya perubahan signifikan di Surabaya demi kesejahteraan masyarakat kota Surabaya.

“ Perubahan signifikan yaitu, Surabaya bebas banjir, bebas sampah, punya transportasi publik yang murah, aman, nyaman bagi warga kota Surabaya,” pungkas Aning.

Memasuki hari ke 12 masa kampanye pemilu 2024, PKS Kota Surabaya mengadakan kampanye perdana di Kota Pahlawan, minggu (10/12/2023).

Kegiatan kampanye perdana yg dipilih oleh PKS Kota Surabaya yaitu flashmob, yang digelar secara serentak di 3 titik di kota Pahlawan, yaitu di Jl. Margomulyo, Jl. Pemuda, dan Jl. Kertajaya Timur (Depan Koni Jatim).

Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan memimpin langsung aksi flashmob tersebut. Johari bersama kader, simpatisan dan pengurus PKS Kota Surabaya turun ke jalan menyapa masyarakat.

Perhatian para pengguna jalan yang melintas pun tertuju pada aksi tersebut. Tidak sedikit dari pengendara memelankan laju kendaraan untuk melirik program dan gagasan yang dipamerkan PKS melalui poster dan spanduk.

“Hari ini, semua anggota dan simpatisan PKS Kota Surabaya turun ke jalan melakukan flashmob, menyampaikan program gagasan, janji kampanye PKS, yaitu pangan murah, kerja gampang dan sehat mudah,” ujar Bang Jo sapaan akrab Johari Musyawan.

Kenapa PKS mengambil tagline Pangan Murah, Kerja Gampang, Sehat Mudah? karena itu yang menjadi kebutuhan pokok dari masyarakat.

“Pangan murah itu bukan petani dihargai murah, jadi bukan itu, jadi negara itu bertanggungjawab untuk petani pun bisa menjual dengan harga yang layak dan masyarakat bisa menjangkau juga harga pangan yang terjangkau” jelas Bang Jo.

Kemudian program yang kedua, kerja gampang, “PKS bekerjasama dengan 800 ribu pengusaha dimana satu misal satu pengusaha membutuhkan 10 tenaga maka akan terbentuk 8 juta lapangan usaha baru se Indonesia,” ungkap pria yang juga Caleg di Dapil 5 ini.

Lalu program yang ketiga, adalah sehat mudah, karena apa? karena kesehatan itu merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat khususnya di Surabaya.

“Jangan sampai masyarakat itu kesulitan mengakses kesehatan. nah saat ini Surabaya sebenarnya sudah mudah hanya kerapkali terkendala dengan adanya masyarakat yang memiliki tunggakan-tunggakan iuran BPJS. harapan kita tunggakan itu dihapuskan tidak ada tunggakan, yang bisa mandiri silahkan, namun yang tidak bisa agar Pemkot Surabaya meng take over sehingga masyarakat tidak ada jeda ketika membutuhkan layanan kesehatan,” tandasnya.

Terakhir Johari berharap dalam masa kampanye ini, agar Pemilu 2024 ini dilaksanakan secara jujur adil dan transparan dan PKS bisa menang di Kota Pahlawan, hadirkan sepuluh kursi di DPRD Kota Surabaya.

“Saya juga berharap, agar semua Partai Politik menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa guyup rukun dan mengedepankan fastabikhul choirot (berlomba-lomba dalam mencapai kebaikan) dengan menjaga persatuan dan kesatuan yang ada di masyarakat Kota Surabaya yang majemuk,” tutupnya.

Dikatakan oleh Bang Jo, sapaan akrab dari Johari Mustawan selaku Ketua DPD PKS Surabaya, bahwa games dapat dikemas dalam bentuk yang menarik untuk melatih ketangkasan otak. Sekaligus bermanfaat untuk nilai-nilai yang positif bagi para kaum milenial.

Hal itu dikatakannya ketika menggelar Turnamen Bang Jo E-Sports (Elektronic Sports) Mobile Legends, Minggu (29/10/2023) di Gedung Serba Guna RW.03 Karangan Kelurahan Babatan Kecamatan Wiyung.

“Jadi, sebenarnya ini awalnya ide dari para anak-anak muda termasuk mas Ariel dan timnya selaku Gauri Muda yaitu Karang Taruna RT.08,” katanya ketika diwawancarai oleh para awak media, Minggu (29/10/2023) siang.

“Untuk memeriahkan hari Sumpah Pemuda dengan mengoptimalkan kegemaran dari para Karang Taruna RW.03 ini, yang juga disupport oleh Pak Zaenal RT.08 Babatan,” imbuhnya.

Bang Jo mengatakan, sebenarnya pagelaran Turnamen E-Sports Mobile Legends ini hanya spontanitas saja dan untuk mewadahi kreativitas para anak muda. Agar teralihkan melalui kegiatan yang positif.

“Namun dikarenakan untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda, maka antusias para kaum milenial semakin banyak untuk mengikuti Turnamen Bang Jo E-Sports Mobile Legends,” ujarnya.

Sementara itu, Ariel selaku Ketua Panitia Turnamen Bang Jo E-Sports Mobile Legends mengucapkan terimakasih kepada Bang Jo, yang telah mensupport pagelaran ini hingga terealisasi sesuai ekspektasi.

“Semoga untuk kedepannya pagelaran ini seperti ini diadakan lagi dengan skala turnamen yang lebih besar, dan semoga Pak Johari serta Pak Zaenal bisa mensupport kami lagi,” ucapnya.

Ariel pun mengatakan, untuk saat ini Turnamen Bang Jo E-Sports Mobile Legends masih diikuti oleh 80 peserta dari 16 tim.

“Satu tim terdiri dari 5 orang. Total diikuti oleh Gauri Muda antar Karang Taruna dari 12 RT,” katanya.

Di samping itu, Zaenal selaku Ketua RT.08 mengapresiasi antusias para pemuda dan berterimakasih kepada Ketua Panitia Penyelenggara, serta kepada Johari Mustawan yang telah mensupport. Sehingga pagelaran Turnamen Bang Jo E-Sports Mobile Legends ini berjalan dengan lancar.

“Semoga setiap tahun diadakan lagi pagelaran seperti ini. Kalau bisa diadakan turnamen antar kelurahan hingga antar kecamatan,” ujarnya.

Zaenal pun sepenuhnya mendukung digelarnya Turnamen Bang Jo E-Sports Mobile Legends, karena antusias para pemuda cukup besar untuk mengoptimalkan kegemarannya dalam hal positif melatih ketangkasan otak.

“Antusias para pemuda cukup besar untuk mengoptimalkan kegemarannya dalam hal positif,” pungkasnya. (riz)

sumber: PETISI.CO

Surabaya, 11 Oktobter 2023_ DPD PKS Kota Surabaya mengadakan kegiatan olahraga bertajuk "Rabu Rutin Running" yang digelar oleh Bidang Kepanduan.

Belasan pelari menghadiri kegiatan olah fisik ini dengan rute mengitari lingkungan sekretariat DPD PKS Kota Surabaya sepanjang 2 km. Pinujie selaku Ketua Bidang Kepanduan menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyehatkan anggota PKS Surabaya.

"Agenda lari rutinan ini diharapkan mampu menjaga daya tahan personil PKS agar tetap sehat dan kuat menjalankan amanah". Ujar Pak Pin, sapaan akrabnya.

Secara terpisah, Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan mengapresiasi kegiatan rutinan ini dan mengajak segenap warga Surabaya khususnya kader PKS untuk bergabung. Kegiatan Rabu Rutin Running ini merupakan bentuk bakti PKS untuk menyehatkan masyarakat dengan program dan komunitas lain seperti PKS Fit hingga PKS Runners yang dilaunching secara nasional pada 8 Oktober lalu.

"Saya mengapresiasi Bidang Kepanduan yang menggelar "Rabu Rutin Running" ini. Saya berharap bukan hanya anggota PKS saja yang ikut, namun masyarakat umum juga bisa mengikutinya." terang Johari.

Bangjo mengajak hadirin untuk bersholawat bersama saat memberikan sambutan di pentas ludruk dalam rangka sedekah bumi.

Solawat thibbil qulub disebut juga Sholawat Obat Hati.

“Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Semoga kita semua mendapat syafaat dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

#sholawat#solawat#tibbilqulub#bangjo#pks#pkskotasurabaya#ludruk#sedekah

Bertemu dan sharing dengan pemuda, seakan selalu bisa menambah semangat dan jiwa muda.

Apalagi seperti kemarin sore, saya bisa diskusi dengan anak-anak muda yang penuh semangat berbuat untuk kampung nya.

Rasanya sangat pantas jika anak-anak muda seperti mereka ini untuk selalu didukung dan bahkan didorong untuk senantiasa beraktivitas positif, termasuk mengkader para penerusnya.
Dan Alhamdulillah, dalam waktu dekat akan ada kolaborasi untuk sebuah event dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda.
Semoga kolaborasi positif ini bisa terus berlanjut dan membawa dampak kebaikan.

SURABAYA, PETISI.CO – Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Surabaya menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dan pengukuhan relawan perempuan PKS bertempat di gedung Graha TI Surabaya, Kamis (28/09/2023).

Acara yang bertajuk Gema Maulid Nabi Muhammad Saw dan Pengukuhan Relawan Perempuan PKS Surabaya: Hadirkan Keluarga Penggerak Perubahan ini dihadiri oleh ratusan relawan perempuan PKS Kota Surabaya, yang tersebar di 31 kecamatan di Surabaya.

Selain kehadiran para relawan, tampak juga kehadiran Ketua BPKK PKS Kota Surabaya sekaligus Caleg DPRD Kota Surabaya Dapil 1, Enny Minarsih, Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan, dan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya sekaligus Caleg DPR RI dapil 1, Reni Astuti.

Nuansa warna oren membanjiri ruangan, sejak pagi peserta relawan perempuan PKS berduyun-duyun datang, membawa semangat untuk terus bergerak bersama RKI PKS Surabaya.

Acara diawali dengan penampilan kesenian Banjari dari Majelis Taklim Hidayatul Hikmah, Asemrowo. Membawakan lantunan sholawat badar, menjadi ruh penyemangat bagi undangan yang hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dan arahan dari Ketua DPD PKS Surabaya.

“Momentum maulid nabi Muhammad Saw ini adalah cara tepat untuk terus meneladani Rasulullah, termasuk memilih pemimpin, mengikuti Rasulullah Saw, bagaimana caranya? Pilihlah partai dan pemimpin yang mengajarkan untuk taat pada Allah dan Rasul-Nya,” ujar Bang Jo panggilan akrab Johari Mustawan dan di-Aminkan oleh undangan yang hadir, Kamis (28/09/2023).

Lalu Johari juga mengingatkan kepada para relawan perempuan PKS untuk terus bertransformasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya tokoh-tokoh wanita di wilayahnya.

“Ajak dan buka seluas-luasnya pada para tokoh untuk berjuang bersama PKS,” ujar pria yang juga jadi Caleg dapil 5 DPRD Kota Surabaya.

Senada dengan Johari, Ketua BPKK PKS Kota Surabaya, Enny Minarsih menyampaikan relawan perempuan PKS juga memiliki peran untuk menjadi penggerak membawa perubahan.

“Semangat meneladani Rasulullah yang kelahirannya membawa perubahan bagi sebuah peradaban, maka relawan perempuan juga bisa hadir membawa perubahan, minimal bagi keluarga-keluarga di kampung masing-masing,” ujar Enny.

“Keluarga adalah ekosistem awal dalam kehidupan. Hadirkan keluarga tangguh dan kuat, karena keluarga tangguh bisa menghadirkan anak-anak yang memiliki jiwa pemimpin, menjauhkan dari kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba dan mengurangi stunting,” tambah Enny.

Ada berbagai alasan kenapa emak-emak ini bersedia dikukuhkan sebagai Relawan Perempuan PKS. Salah satunya disampaikan oleh bu Harumi, perwakilan dari relawan perempuan PKS Kecamatan Jambangan. Beliau bercerita dengan nada lirih dan terisak menangis memulai kisahnya bergabung bersama PKS.

“Terimakasih banyak buat PKS yang sejak awal banyak membantu keluarga kami, hingga suami meninggal dunia baru 40 hari kemarin, PKS terus membantu kami tanpa lelah. Saya mantap Masuk di PKS karena nyaman. Saya sudah merasakan masuk di partai-partai yang lainnya tidak seperti bersama PKS yang terus membantu dengan gercep”, ujar Harumi yang berusia 65 tahun.

Acara ditutup dengan pengukuhan dan pembacaan ikrar ratusan relawan perempuan PKS Kota Surabaya. (riz)

DEWAN PENGURUS DAERAH
PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
KOTA SURABAYA
Jl. Tales V No. 3
Kelurahan Jagir, Kec. Wonokromo
Surabaya 60244
crossmenuchevron-down